Cerita Kehamilan Trimester I: Ketika Ibu Bidan Hamil

Belakangan ini sering banget kepikiran nasib blog ini, ngerasa bersalah gegara keingetan dulu sempet berjanji bakalan sering update postingan baru waktu memutuskan untuk membeli domain, "gapapa beli domain biar rajin nulis.. 'kan nama blognya udah pake namablogsendiri.com" janji saya waktu itu dalem hati. Padahal mah yang namanya males mana kenal sama domain hahaha. 

Nah postingan pertama setelah hampir tujuh bulan nganggurin blog ini adalaaaaaah.. tentang kehamilan saya. Iyess, setelah resmi menikah bulan September tahun lalu.. (cerita dibalik pernikahannya bakal saya posting juga nanti yaa.. insyaaAllah), kali ini saya mau cerita tentang gimana jadinya ketika bidan mengalami sendiri yang namanya kehamilan. Sama groginya gak sih?

Bukan.. ini bukan test pack saya, boleh nyomot di web. 
Lupa gak disimpen foto hasil test pack saya :(

Sindrom ‘Beneran Hamil Gak Sih Ini?’
Meskipun udah namatin yang namanya sekolah kebidanan sejak tahun 2007, tetep yess yang namanya ngalamin sendiri itu beda banget sama yang namanya teori, salah satunya dalam hal memastikan kehamilan.

Saya masih inget banget Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) saya adalah tanggal 1 Oktober 2018 yang cuma berselang satu hari dari akad nikah saya di tanggal 30 September 2018. Bulan depannya gak ada angin gak ada ujan, Paksu tiba-tiba ngomong, “Kayaknya kamu hamil dah, Mu”

Saya mikir, masa sih orang telat juga baru berapa hari.

Saya yang denial karena gak ngerasain tanda-tanda kemungkinan hamil *ceilah teori banget dah* langsung ngeles, “emang iyaaaaa? Tau dari mana coba?”

“tuh makan kamu jadi banyak”

Gubrak. Makan banyak mah emang udah bawaan dari lahir.

Akhirnya, meskipun gak percaya, didorong rasa penasaran, belum ada seminggu telat mens, sekitar jam 10 an pagi- saya iseng test pack alias hCG test. Dan hasilnya adalah 2 garis tapi garis kedua samar.  
hCG (Human Chrorianic Gonadotropin) terbentuk sesaat setelah implantasi terjadi. Hormon ini memberi signal kepada korpus luteum untuk terus menghasilkan hormon progesteron yang nantinya akan mempertahankan lapisan uterus supaya tidak meluruh sehingga bisa mendukung pertumbuhan embrio. Kadar hCG akan meningkat drastis di usia kehamilan 8-12 minggu.
Secara pengalaman sih biasanya pasien-pasien yang test packnya samar ujung-ujungnya bakalan positif hamil memang. Biasanya test pack yang samar itu disebabkan karena kadar hormon hCG di awal kehamilan masih rendah dan akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Makanya jaman dulu waktu masih di pelayanan, kalo ada pasien-pasien yang begini biasanya saya jadwalkan minggu depan untuk test pack ulang.

Ini adalah salah satu basic knowledge anak-anak kebidanan.

Tapi apalah saya yang juga perempuan biasa.. belum ada satu minggu tangan udah gatel kepingin test pack ulang haha. Walhasil cuma selang 4 harian, saya udah beli test pack lagi dengan merk yang berbeda,dan kali ini pun saya udah niat mau ngetesnya dengan urin pertama di pagi hari, dimana level konsentrasi hCG sedang tinggi-tingginya.

Lalu disinilah kebodohan itu terjadi.

Pagi-pagi buta dengan nyawa yang belum lengkap plus mata masih keriyep-keriyep, saya langsung masuk kamar mandi sambil nenteng-nenteng test pack. Setelah urin ditampung di pot kecil, dengan percaya dirinya saya masukin ujung test pack kedalam pot urin. Saya tunggu kok gak nongol-nongol garisnya..

Ah masa iya garis satu aja gak nongol, batin saya dalam hati

Saya perhatiin dengan seksama.. dan setelah ngantuknya ilang barulah saya sadar kalau saya masukin stiknya terbalik! Astagaaaaa bu bidaaaaaan.. *tepokjidat.

Pada akhirnya, saya cuma bisa bilang jadi bu bidan itu ternyata gak bikin kita jadi selangkah lebih unggul dari perempuan lain dalam masalah kehamilan lho.. karena serius, Education is a fine thing but NOTHING can beats experience. Jadi untuk bu ibuk di luar sana, boleh dong yaa berbagi pengalaman dengan saya yang newbie ini.

Terus akhirnya gimana Put dengan Sindrom Beneran-Hamil-Gak-Sih tadi? 

Well.. Happy Ending alhamdulillah! Akhirnya beneran yakin setelah test pack ulang untuk ketiga kalinya plus ngeliat sendiri kantong kehamilan dan si janin imut di dalam rahim pas USG di kehamilan 9 minggu. 

Doakan terus yaa..
dan untuk yang sedang promil, semangaat!! terus berusaha dan jangan putus asa yaa^^

Salam hangat,

Komentar

  1. Alhandulillah. Selamat ya hu... mudah2n jd anak yg sholeh n sholehah. Aamiin...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk Kenalan Sama Kartu Suplementasi Ibu Hamil

Icip-Icip Kuliner Timur Tengah di Ajwad Resto

Bidan Jangan Gagal Paham Tentang Tablet Tambah Darah, yess