Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2018

Antara Tempat Angker, Mantra 'numpang..numpang' dan Syirik yang Tersembunyi

Gambar
Assalamu'alaikum mentemen Mumpung inget, saya mau ngebahas sedikit tentang mantra numpang-numpang. Mentemen pernah denger gak? Well ..  saya bingung juga sih mau menyebutnya apa, tapi biasanya mantra ini di rapalkan ketika kita merasa takut melewati sesuatu yang di anggap angker oleh banyak orang. Bunyinya kurang lebih kayak gini: numpang.. numpang mau lewat, jangan diganggu. Something like that deh. Saya sendiri pertama kali mendengar mantra ini ketika saya kecil, di rumah kakek saya di Jogja. Waktu itu, saya lupa umur saya mungkin sekitar 8 atau 9 tahun. Saya yang waktu itu lagi ngabisin liburan sekolah  di Jogja, malem-malem kebelet pipis. Sebagai anak kecil yang lucu dan imut, pastinya saya takut kalo disuruh ke kamar mandi sendirian yang notabene lokasinya di luar rumah dan dikelilingi pepohonan cokelat yang gelapnya minta ampun. Saya yang nyalinya ciut akhirnya merengek minta dianterin pipis sama salah satu sanak saudara yang waktu itu sama-sama nginep di Jogj

Icip-Icip Kuliner Timur Tengah di Ajwad Resto

Gambar
Assalamu'alaikum mentemen! Gak kerasa ya udah ganti kalender aja, eniwei akhir tahun kemarin saya liburan panjang di rumah, 2 minggu! Salah satu agenda saya ketika pulang ke Jakarta adalaaaaaah.. makan makanan yang gak ada di Kupang, *tetep yaa perut muluk yang diurusin. Kulineran liburan kemarin agak beda dari biasanya, karena kali ini saya ngicipin makanan ala timur tengah. Kalo dipikir-pikir, saya jarang banget kulineran makanan timur tengah, paling banter juga kebab-kebab pinggir jalan, itu pun udah jarang banget sejak saya gak lagi tinggal di Grogol. Makanya begitu si Mamah, panggilan sayang untuk sahabat plus teman sebangku saya jaman di SMA ngajakin ke Ajwad Resto, saya gak sanggup nolak.  Sebenernya nama Ajwad Resto ini gak asing di telinga. Yap.. Ajwad Resto ini punyanya Ustad Khalid Basalamah, salah satu ustadz yang lewat perantara beliau, banyak orang yang mulai mengenal sunnah. Menuju Ajwad Resto ini beneran perjuangan banget, karena jaraknya yang jauh