Bidan Jangan Gagal Paham Tentang Tablet Tambah Darah, yess


Tumben put, postingannya serius? ehm.. gak abis kepentok 'kan kepalanya?

Haha. Gak sih, jarang-jarang nih nulis sesuatu yang serius, jadi disimak baik-baik yess, khususnya untuk teman-teman sejawat alias para mbak bidan dan ibu bidan seantero dunia maya, semoga informasi ini bermanfaat ^^

Bicara tentang tablet tambah darah, maka gak bisa lepas dari bicara tentang ibu hamil dan anemia. Semua bidan pasti tahu hubungan antara ibu hamil dan anemia. Yess.. Hubungan mereka sangat akrab! Saking akrabnya, 1 dari 2 ibu hamil di Indonesia menderita anemia. Hal ini berdasarkan hasil Survey Indikator Kesehatan Nasional (Sirkesnas) tahun 2016 yang menyebutkan bahwa angka kejadian anemia pada ibu hamil berada di angka 54,9%. Angka ini mengalami kenaikan dari level 37,1% di tahun 2013.

Anemia adalah suatu kondisi dimana kadar hemoglobin ada di bawah normal alias nilainya dibawah 11 gr/dL, sedangkan Hemoglobin sendiri merupakan  sejenis protein dalam darah yang tugasnya membawa oksigen ke seluruh penjuru tubuh. Banyak ibu hamil yang mengira anemia itu sama dengan tekanan darah rendah. Padahal dua kondisi ini beda banget! Anemia berhubungan dengan kadar hemoglobin dalam darah sedangkan tekanan darah rendah (hipotensi) berhubungan dengan kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Anemia diperiksa melalui pemeriksaan darah sedangkan tekanan darah diperiksa pake sphygmomanometer alias tensian darah.

Kebanyakan anemia yang dialami sama ibu hamil adalah akibat kekurangan zat besi (iron deficiency). Wajar sih, karena beberapa perubahan yang terjadi dalam kehamilan mengakibatkan kebutuhan ibu hamil terhadap zat besi naik 25% dibandingkan dengan kondisi tidak hamil.

Bisa gak kebutuhan zat besi ini ditutupi hanya melalui makanan sehari-hari? Jawabannya bukannya gak bisa sih, tapi sulit.

Contohnya begini, kebutuhan besi ibu hamil dalam sehari itu kurang lebih sebesar 60 mg sedangkan kandungan zat besi dalam bayam per 100 gr adalah 7,6mg, Artinya, supaya bisa sampai ke level 60 mg, ibu hamil kudu makan bayam hampir 1 kilo. Wow.. anemia gak, asam urat iya. Atau kita ganti dengan hati sapi yang kandungan zat besinya 4,2mg/75 gram, atau daging sapi yang zat besinya 1,4mg/75 gram, which means.. ibu hamil kudu makan 1 kilo hati sapi per hari atau 3 kilo daging sapi per hari. Wah kalau yang ini, anemia gak, kolesterol iya, plus kantong kering juga, secara harga daging sapi ajegile mahalnya.

Intinya adalah.. susah untuk bisa memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan kalau hanya mengandalkan dari apa yang si ibu hamil makan sehari-hari. Nah, ini kenapa semua ibu hamil perlu mendapatkan yang namanya tablet tambah darah setiap harinya.

Sekarang.. mari kita masuk ke permasalahan yang sesungguhnya.

Apakah semua tablet tambah darah 'bisa' diberikan ke semua ibu hamil? jawabannya belum tentu, karena untuk bisa diberikan kepada ibu hamil, tablet tambah darah harus mengacu pada standar yang telah dikeluarkan oleh pemerintah melalui Permenkes 88 Tahun 2014 (link download dimari)

Hampir sebagian besar bidan menganggap bahwa tablet apapun itu, asalkan di dalamnya tertulis mengandung zat besi dan asam folat, maka sudah bisa dianggap sebagai tablet tambah darah untuk ibu hamil. Ini adalah pemahaman yang keliru karena kandungan zat besi dan asam folatnya harus memenuhi standar yang diatur oleh pemerintah

Dalam Permenkes 88 Tahun 2014 disebutkan bahwa, tablet tambah darah untuk ibu hamil harus memiliki kandungan zat besi elemental sebesar 60 mg dan asam folat sebesar 0,4mg.

Zat besi dalam tablet tambah darah terbagi menjadi beberapa sediaan mulai dari ferro sulfat sampai ferro glukonat. Masing-masing dari sediaan ini harus memenuhi jumlah tertentu untuk bisa setara dengan 60 mg besi elemental.

di foto dari Buku Pedoman Penatalaksanaan 
Pemberian Tablet Tambah Darah (Kemenkes, 2015)

Sebagai contoh, ada satu merek tablet tambah darah dipasaran, misalnya putribion *maksa haha*. Per tabletnya mengandung ferro gluconat 250 mg, asam folat 1 mg, mangan sulfate 0.2 mg dan vitamin C 50mg.

The question is.. apakah tablet ini memenuhi standar untuk bisa diberikan kepada ibu hamil? Jawabannya tidak, karena kandungan besinya belum sesuai dengan standart tablet tambah darah untuk ibu hamil. Sediaan yang dipakai didalam putribion adalah ferro gluconat, sekarang mari kita lihat tabel diatas, untuk bisa setara dengan 60 mg besi elemental, ferro gluconat harus sebanyak 500mg, sementara putribion ini per tabletnya hanya mengandung 250mg ferro gluconat. Jadi, putribion ini gak memenuhi standar tablet tambah darah untuk ibu hamil.

Contoh lagi ya..
Tablet ironman *sumpah ini makin aneh nama tabletnya* mengandung ferro fumarat 250mg, vitamin C 50 mg dan asam folat 0.4 mg. Kira-kira udah bisa diberikan ke ibu hamil belum si ironman ini? yess.. kamu bener! jawabannya bisa! karena zat besi dan asam folatnya sudah sesuai dengan standart. Lihat ke tabel diatas, untuk bisa setara dengan 60mg besi elemental, ferro fumarat harus sebanyak 180mg, dan si tablet iron man ini kandungan fumaratnya 250mg yang artinya sudah memenuhi batas minimum kandungan zat besi per tablet.

Nah, sampai sini semoga cukup jelas, yess. Abaikan aja nama-nama tabletnya yang absurd itu.. soalnya saya mau masukin merek tertentu tapi takut, giliran gak sesuai standart nanti saya dikira menjatuhkan merek dagang tertentu, giliran yang sesuai standart nanti saya dianggap dapet endorse-an hehe


Oiya, selain ditinjau dari sudut kandungan zat besi dan asam folatnya, tablet tambah darah yang sesuai standar juga harus dilapisi oleh selaput (salut) gula. Salut gula ini yang berfungsi untuk menyamarkan rasa dan bau zat besi di dalam tablet sehingga si ibu hamil gak mual ketika meminum tablet ini.

Jadi untuk mentemen sejawat seantero dunia maya, kalau ingin meresepkan tablet tambah darah kepada ibu hamil, jangan lupa yak cek and ricek dulu apakah kandungannya sudah sesuai standar atau belum yaaa... Pastikan apa yang kita berikan kepada klien kita, sudah sesuai dengan standar yang ada, karena hey, itu makna profesional yang sesungguhnya bukan? bekerja sesuai dengan standar. *kemudian nyanyi Mars IBI.

Selamat melayani bumil-bumil di luar sana ya mentemen sejawat ^^

XoXo

Komentar